Mengupas Seksualitas

Share to Facebook Share to Twitter Share to Google Plus

Secara singkat dan praktis, buku ini memandu siapa pun yang ingin mengetahui seksualitas dengan segala problematikanya. Mengapa penting? Karena isu seksualitas kerap dipandang tabu dibincangkan sehingga tidak heran jika banyak orang, termasuk kalangan terpelajar, belum mengetahui secara benar organ-organ seksual dan fungsi-fungsinya, kesehatan reproduksi dan pentingnya pemenuhan hak-hak seksual manusia.

Konstruksi sosial mengenai relasi seksual juga masih sangat didominasi paradigma heteronormativitas dan ideologi patriarki yang sarat dengan ketidakadilan, khususnya ketidakadilan gender. Akibatnya, berbagai bentuk diskriminasi dan kekerasan terhadap perempuan, anak-anak dan kelompok difabel tetap terjadi di masyarakat. Stigma dan prejudice terhadap kelompok orientasi seksual minoritas pun masih menguat. Semua itu membuat kasus-kasus perkawinan paksa, perkawinan anak-anak, perkosaan, trafficking (perdagangan perempuan), prostitusi, poligami, perceraian, penyebaran HIV/AIDS dan penyakit menular lainnya semakin merebak dalam masyarakat.

Bagi kalangan Islam, buku ini juga menawarkan pandangan Islam yang humanis terkait isu seksualitas dan pemenuhan hak-hak seksual bagi semua manusia tanpa kecuali. Sangat mudah dipahami karena ditulis dengan bahasa yang lugas dan sederhana.