Menghadiri acara pengukuhan profesor Syarif Hidayat, kolega di LIPI, tgl 26 Juli 2018 di Aula utama Gedung LIPI.

Pak Syarif adalah pakar dalam isu Otonomi Daerah dan dia sangat tekun di bidang keilmuan tsb serta memiliki integritas yg kuat utk mengembangkan dan memajukan daerah berdasarkan prinsip otoda yg benar.

Profesor riset adalah prestasi puncak yang dicapai seorang PNS peneliti  di Indonesia. Untuk mencapainya tentu tidak mudah, selain menunjukkan kemampuan akademik yg dibuktikan dengan sejumlah karya tulis yg diterbitkan oleh berbagai penerbitan ternama. Yg bersangkutan juga harus menunjukkan sejumlah karya pengabdian lainnya terkait peningkatan kualitas keilmuan dan kegiatan kemasyarakatan.

Jadi teringat pengukuhan saya oleh Majelis Kehormatan LIPI tahun 1999 di Gedung Kemenag. Sudah lama sekali memang, sejak itu gelar Prof. dilekatkan pada nama saya meski tidak pernah saya minta. Sebab, bagi sy gelar tidak selamanya mencerminkan isi atau perilaku bersangkutan.

Profesor adalah orang yang memiliki pengetahuan dan mengamalkan pengetahuannya semata untuk kemaslahatan manusia, terutama kelompok manusia yang sering dianggap tidak ada di masyarakat.

Selamat untuk Pak Syarif semoga gelar profesor  membuat Anda terinspirasi untuk berkarya lebih produktif dan juga lebih konsen pada upaya-upaya memanusiakan manusia.