Seminar nasional ini diadakan sebagai salah satu bentuk kepedulian AIPI, khususnya dalam Komisi Kebudayaan. AIPI merasa perlu mengangkat tema tentang demokrasi di Indonesia mengingat akhir-akhir ini perkembangan demokrasi mengalami defisit dan ruang demokrasi dicemari oleh sejumlah aksi intoleran dan tindak kekerasan dalam berbagai bentuk, seperti  hate speech, hoaks dan bahkan aksi teror di berbagai tempat.

Tujuan kegiatan seminar adalah: 1) Menggali masalah-masalah krusial yang dihadapi negara dalam upaya pengembangan demokrasi substansial berdasarkan etika demokrasi dan nilai-nilai keadaban; 2) Memetakan hambatan dan peluang dalam penegakan demokrasi, terutama di aras lokal di Indonesia; 3) Merumuskan rekomendasi konkret dan operasional bagi upaya penguatan kultur demokrasi dengan menekankan pada nilai-nilai keadaban berdasarkan Pancasila, Konstitusi dan prinsip HAM. Sebagai sebuah institusi yang bersipat nonstruktural, AIPI berkewajiban menyampaikan masukan pemikiran kepada pemerintah terkait pengembangan ilmu pengetahuan, termasuk di dalamnya pengembangan demokrasi di Indonesia. Dalam setiap kegiatan AIPI selalu mengajak perguruan tinggi, dan kali ini AIPI menggandeng UKSW, Salatiga.

Seminar dibuka Ketua AIPI yang diwakili Ketua Komisi Kebudayaan, Prof. Dr. Amin Abdullah. Lalu diikuti sambutan Rektor UKSW, Dr. Neil Samuel Rupidara. Para pembicara terdiri dari Dr. Saiful Mujani dari UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Prof. Dr. Syarif Hidayat dari LIPI, Prof. Dr. Tonny Pariela dari Universitas Pattimura, Ambon, Dr. Abdul Malik Gismar dari Universitas Paramadina, Jakarta dan Dr. Pamerdi Giri Wiloso, dari UKSW, Salatiga. Dilengkapi dengan dua moderator: Prof. Dr. Musdah Mulia dari AIPI dan Dr. Ishak Lattu dari UKSW.

Seminar dibuka oleh Ketua AIPI yang diwakili oleh Ketua Komisi Kebudayaan, Prof. Dr. Amin Abdullah. Sambutan oleh Rektor UKSW, Dr. Neil Samuel Rupidara. Para pembicara terdiri dari Dr. Saiful Mujani dari UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, Prof. Dr. Syarif Hidayat dari LIPI, Prof. Dr. Tonny Pariela dari Universitas Pattimura, Ambon, Dr. Abdul Malik Gismar dari Universitas Paramadina, Jakarta dan Dr. Pamerdi Giri Wiloso, UKSW, Salatiga. Dilengkapi dengan dua moderator: Prof. Dr. Musdah Mulia dari AIPI dan Dr. Ishak Lattu dari UKSW.

 

unduh laporan kegiatan seminar disini